Rahasia Tersembunyi Lada Atau Merica Untuk Kesehatan



Lada Atau Merica merupakan salah satu bumbu rempah yang memiliki nilai ekonomi tinggi di Indonesia. Tanaman yang mempunyai nama latin Piper nigrum L. memiliki keunikan perpaduan rasa dan aroma. Diantaranya sedikit pahit, pedas, hangat, dan antripiretik (peredam gejala demam). Rasa sedap itulah yang menjadikan lada sebagai bumbu yang paling banyak diminati dan digunakan untuk berbagai macam olahan makanan.

Ada beberapa jenis lada, antara lain :  lada putih, lada hijau, lada merah, lada hitam, dan lada schezuan. Akan tetapi, diantara beberapa jenis lada di atas, yang umum diketahui dan di gunakan dalam masakan adalah lada hitam dan lada putih.

Lada juga mempunyai kandungan nutrisi, seperti diantaranya adalah : Vitamin K, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan uga mengandung jejak Vitamin B seperti niacin, pyridoksin, dan riboflavin, serta beberapa folat dan kolin. Lada juga mengandung serat, karbohidrat, dan protei, tapi sangatrendah kolestrol dan kadar gula yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, Antara lain :


1. menurunkan berat badan


 Kandungan capsaicin dalam Lada atau merica merupakan senyawa yang membuat rasa pedas seperti cabai. Capsaicin juga berguna untuk menurunkan berat badan. Capsaicinjuga banyak di temukan pada obat atau suplemen penurun berat badan. Kemampuan capsaicin membakar kalori dan lemak yakni dengan sifat termalnya yang di hasilkan rasa pedas lada.

Baca Juga : Cara Membuat Lada Putih Dengan Alat Modern


2. radang dan sendi

Selain cocok untuk diet, kandungan capsaicin pada lada juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. yakni, untuk meringankan nyeri  sendi, pembengkakan, dan rasa sakit pada penderita arthitis.

3. mengobati hidung tersumbat

Masih dengan kandungan capsaicin yang juga dapat bergna untuk melawan infeksi sinusitis, membersihkan rogga udara hidung.

4. mencegah sakit perut (masalah pencernaan)

Cara kerja lada dalam mencegah sakit perut atau masalah pencernaan adalah dengan cita rasa pedas atau panas pada lada yang dapat membersihkan saluran pencernaan dari bakteri jahat.

5. kesehatan jantung

cara kerja lada dapat menjaga kesehatan jantung adalah dengan rasa pedasnya.maka secara otomatis , cairan yang ada di sekitar dinding jantung keluar melalui keringat

6. sebagai anti oksidan

Senyawa flavanoids, vitamin A, vitamin C , yang merupakan zat anti yang berkhasiat untuk mengatasi  sel akibat radikal bebas.

7. mengobati tekanan darah tinggi

Merica mengandung banyak flavonoid, vitamin C, Vitamin A, yaitu zat yang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi


Demikianlh penjabaran singkat tentang Lada dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Tersembunyi Lada Atau Merica Untuk Kesehatan "

Post a Comment