Caranya Memutihkan Lada


Caranya Memutihkan Lada

selagi wisata kuliner ini, merica atau lada merupakan bumbu yang mutlak. Seandainya pengen tahu lada dipanen hingga siap difungsikan jadi bumbu, traveler memandangnya di perkebunan lada di Pulau Bangka.

Berkelana di ruang perkebunan lada, atau yang oleh penduduk setempat dimaksud sahang, benar-benar sebagai suatu alternatif menarik isikan saat berlibur selagi berkunjung ke Pulau Bangka. Tapi, gak komplit berasa tiada memandang biji-biji lada yang udah dipetik dari tangkainya ini , sebelum akan pada akhirnya di ekspor ke luar negeri. Penasaran Nah, tersebut pengalaman saya selagi pulang ke Pulau Bangka.

Selagi saya pulang , kebetulan lagi tengah musim panen lada. Saya juga puas pada saat-saat seperti ini. tak, lada sebagai suatu hal yang amat menarik untuk saya, tersangkut segera dalam sistem memanen lada. Lebih-lebih lihat lada yang pada awalnya masihlah bergantung di tiap tiap tangkai, biji-biji yang putih berseri, fantastis pasti.

Nah, lada-lada yang udah dipetik dalam bundong, yaitu wadah buat menyimpan lada, seterusnya di isi dalam karung. Ukuran karung cukup beraneka, jadi volume lada yang ditambung oleh karung juga cukup beraneka juga. Seterusnya, buat menghemat karung ruangan dalam sungai, rata-rata lada-lada ini ditekan memakai sebilah kayu hingga karung terisi penuh. Seterusnya, baru lada-lada dalam karung ini dibawa menuju suatu sungai gak jauh dari perkebunan lada dan cara memutihkan lada sebagai berikut.

Lada-lada dalam karung ini seterusnya di rendam di sungai dalam kurun saat sekitar dua minggu lamanya. Berkenaan saat, bergantung isi lada dalam karung . Kalau isi lada dalam suatu karung padat di isi, jadi saat yang capai dua minggu atau lebih. Tapi, kalau suatu karung di isi sedikit lada, jadi membantu air buat masuk dalam karung, jadi sesudah 1 minggu juga rata-rata telah di proses ke sistem seterusnya.

Perendaman lada dalam sungai punya tujuan buat memisahkan lada dari tangkai-tangkainya, membantu dari kulit-kulit biji lada , selain menentukan mana biji lada yang memiliki kualitas .

Sesudah di rendam bermalam-malam lamanya, rata-rata dengan saat, lada gampang dipisahkan dari tangkai kulit, diseleksi mana biji lada yang baik kwalitetnya. Langkahnya, lada yang udah di rendam ini dituangkan ke tangguk, wadah buat bersihkan lada, lewat langkah menggasak biji-biji lada ini mengelupas kulitnya. Lalu, dibikin bersih dengan air sungai yang penting bersih juga.

Nah, selagi sistem biji lada dari tangkai kulit, rata-rata bakal mengundang aroma yang kurang enak. Maklum saja, biji lada yang di rendam bersama-sama tangkai kulitnya ini, kadang waktu dengan daun lada yang turut masuk ke karung bermalam-malam lamanya, benar-benar mengundang bau yang menusuk penciuman. Tetapi janganlah kuatir, malah sensasi bersihkan lada di sungai. Saya juga mencobanya.

step selanjutnya untuk caranya memutihkan lada, lada-lada ini dijemur memakai wareng, wadah yang di rancang teristimewa dengan celah-celah, biar air gampang merembes lada cepat kering. Diluar itu, buat mengeringkan lada pasti matahari yang cukup. Kalau tak, jadi warna lada rata-rata tak putih berseri, tapi agak kecoklat-coklatan.

Buat memandang apakah lada telah kering atau belum juga, cukup digigit saja. Kalau selagi digigit biji lada sekedar berbelah dua, ini punya arti belum juga kering atau butuh dijemur kembali. Lada yang telah kering siap buat di ekspor, merupakan lada yang kalau digigit bijinya terbelah bagian-bagian, kira-kira lebih dua. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Caranya Memutihkan Lada"

  1. Lada hitam yg sd kering bisa gak di olah menjadi lada putih tlg info nya yaa

    ReplyDelete