Cara Membuat Jahe Instan Paling Pedas



Jahe adalah salah satunya tanaman herbal yang cukup popular baik di Indonesia ataupun di mancanegara. Rasa-rasanya pedasnya yang ciri khas serta kemampuannya untuk memberi kehangatan untuk badan jadikan jahe menjadi salah satunya komoditas primadona.

Sekarang ini ada beberapa sekali type product olahan jahe yang ada di market, dari mulai : manisan jahe, wedang jahe, sampai jahe instan. Nah, dalam kesempatan ini, website Mengenai Jahe akan membahas sedikit mengenai cara membuat jahe instan.

Di bawah ini sejumlah bahan yang dipakai untuk bikin jahe instan : 

Bahan Baku : 

Jahe Gajah Atau Jahe Emprit Atau Jahe Merah sejumlah kira-kira 1 kg
Gula seperlunya sesuai sama selera
Air sejumlah 4 liter
Penambah Rasa (Optional) :
Batang Sereh digeprek kemudiaan diikat
Cengkeh 10 biji
Kayu manis 2 jari 

Langkah Bikin : 

1. Bersihkan bersih jahe yang sudah kita sediakan. Bila memanglah jahe sangatlah kotor, Anda bisa memakai sikat halus untuk bersihkan permukaannya. Jahe mesti betul-betul bersih karena untuk bikin jahe instan kita tak perlu mengupas kulit jahe.
2. Sesudah dikupas bersih parut jahe itu. Anda bisa memakai alat penggiling kelapa (dalam bhs jawa selep) supaya akhirnya lebih cepat. Sesudah halus imbuhkan air ke parutan jahe itu. Untuk 1 kg jahe perbandingan air yang dipakai ialah 4 liter.
3.Sesudah tercampur saring larutan itu dengan memakai kain supaya terpisah pada sari jahe dengan ampasnya. Diamkan sepanjang sejumlah jam supaya pati jahe mengendap.
4. Sesudah tampak mengendap, pisahkan pati jahe dengan sari jahe ke dua wadah yang berlainan. Pati jahe adalah limbah yang masih tetap dapat digunakan untuk kepentingan yang lain. 


6.Masak sari jahe yang sudah terpisah dengan patinya dengan sembari mencampurkan gula sesuai sama hasrat. Untuk ukuran yang umum dipakai ialah 1 : 1. Berarti 1 liter sari jahe dengan 1 kg gula pasir.
7. Masukan sereh, cengkeh serta kayu manis untuk meningkatkan rasa. Bila Anda tidak sukai dengan aroma ke-3 bahan ini, jadi bahan ini tak perlu dipakai.
8. Masak selalu dengan api tengah sampai sari jahe jadi mengkristal. Sepanjang memasak mesti selalu diaduk tanpa ada henti. Bila hal tersebut tidak dikerjakan, jahe instan yang kita buat akan gosong serta berwarna kecoklatan.
9. Sesudah banyak yang mengkristal kecilkan api sampai ke tingkat minimum. Sistem ini diperuntukkan supaya kristal-kristal itu beralih jadi bubuk. Jahe instan yang berkwalitas ialah yang berwarna kuning kehijauan serta mempunyai aroma ciri khas jahe.

Sumber : http://tentangjahe.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-jahe-instan.htm

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Jahe Instan Paling Pedas"

Post a Comment