Cara Membuat Bubuk Coklat Rumahan Sederhana



Langkah memproses biji Kakao membutuhkan proses yang panjang serta tidak ringan tapi pantas dicoba serta mungkin saja bisa menjadi kesempatan usaha Anda. Mengingat sangat banyak petani tanaman Kakao atau coklat di Indonesia yang cuma jual hasil biji Kakao saja tanpa memahami langkah pemrosesan biji kakao jadi bubuk coklat.

Karena memang untuk mendapat coklat batangan contohnya, diperlukan beberapa perlengkapan atau mesih mutakhir untuk memproses biji Kakao sampai bisa dikonsumsi. Akan tetapi, ada pula langkah memproses biji Kakao sendiri didalam rumah tanpa memakai mesin yang kesemuanya ditangani dengan cara manual, tetapi tentunya akhirnya tidak seperti coklat yang dijual di beberapa toko.

Langkah memproses biji Kakao jadi Coklat di rumah
Langkah awal tentunya mendapat biji Kakao. Anda dapat beli di toko on-line atau memohon ke tetangga samping yang petani Kakao. Biji Kakao yang akan di proses mesti telah lewat proses fermentasi serta siap dipakai. 

Baca Juga : Cara Membuat Bubuk Coklat Jadi Ice Cream Lezat

Langkah ke-2 merupakan menyangrai atau roasting. Bila pada perusahaan cokelat, proses roasting memakai mesin mutakhir bernilai mahal, akan tetapi bila di rumah, anda dapat memakai oven roti atau bahkan juga wajan sangrai kopi yang terbuat dari tanah liat. Bila memakai oven roti, jadi letakan biji Kakao pada baki panggang lalu input ke oven dan nyalakan kompor, panasi sampai 30 menit. Bila memakai wajan sangrai, tinggal secara langsung input biji Kakao dalam wajan serta masak sampai masak. Kira-kira 15-30 menit.

Langkah ke-3 merupakan memisahkan kulit luar. Sisi yang diperlukan untuk membuat coklat merupakan sisi dalamnya atau dimaksud kotiledon yang dilapis kulit tipis. Untuk singkirkan kulit luar, anda dapat menumbuk pelan-pelan sampai kulit mengelupas. Untuk mempermudah pembelahan kulit dari kotiledon, gunakanlah kipas angin supaya kulit luar terhempas. Proses ini dimaksud desheller pada pabrik pembuat coklat.

Langkah ke empat merupakan penggilingan serta pencampuran. Ini proses yang cukuplah berat bila tidak memakai mesin, karena penggilingan menghabiskan waktu lama, kira-kira 12 jam bila memakai jus atau mixer yang ada didalam rumah. Proses pencampuran dikerjakan bila biji Kakao telah mulai meleleh seperti pasta. Sambil lakukan mixing atau pengadukan, campur bahan yang lain seperti gula serta susu atau bahan lainnya yang anda kehendaki menjadi penambah perasaan.

Langkah ke lima merupakan kondisioning yaitu proses pemananasan adonan. Pakai microwave atau oven untuk lakukan proses ini. Input adonan pada loyang, lalu atur waktu sampai 12 menit pada suhu 33-48 derajat celsius. Proses ini ditujukan untuk meluruhkan kristal lemak pada coklat sampai adonan mencari.

Langkah ke enam merupakan pencetakan. Sesudah usai proses pemanasan, matikan kompor serta diamkan sesaat untuk turunkan suhu panasnya. Lalu, tuang adonan coklat ke cetakan yang dikehendaki. Lantas input cetakan ke kulkas atau almari pendingin dengan suhu 16-20 derajat supaya adonan coklat beku. Proses ini menghabiskan waktu kira-kira 30 menit.

Sesudah lewat 6 bagian tersebut, adonan coklat telah siap mengeluarkan dari cetakannya. Jadilah coklat batangan atau berupa sama dengan yang diharapkan. Sebetulnya cukuplah ringan jika ditangani dengan mesin, terutamanya pada proses penggilingan yang menghabiskan waktu begitu lama serta melelahkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bubuk Coklat Rumahan Sederhana "

Post a Comment