Cara Membuat Abon IKan Yang Luar Biasa


Abon ikan ialah macam olahan ikan yang kerap didapati di pasar terkecuali abon daging. Hampir sama juga dengan abon daging, abon ikan juga mempunyai struktur yang garing serta rasa yang gurih. Serta dalam bahasan kesempatan ini, saya akan sediakan langkah bikin abon ikan yang gurih serta tidak amis.

Olahan ikan bernama abon ialah product yang menggabungkan sejumlah sistem seperti perebusan/pengukusan, menambahkan bumbu-bumbu serta penggorengan. Abon ikan mempunyai struktur yang lembut serta rasa yang gurih, sangatlah pas untuk lauk atau rekan makan roti serta jadikan isi makanan kecil.

Beragam type ikan yang kerap jadikan bahan basic abon ikan ialah ikan lele, ikan bandeng, ikan cakalang, ikan patin, ikan gabus, ikan patin, ikan cucut, serta ikan tuna. Beberapa hal yang butuh dilihat untuk bikin abon ikan supaya akhirnya garing, gurih serta tidak amis mengingat bahan basic abon ini ialah ikan bukanlah daging dengan bau amis yang kuat.

Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan
Beberapa orang yang malas untuk memproses atau konsumsi ikan karena tidak tahan dengan bau amisnya. Walau sebenarnya ada sejumlah bahan yang dapat dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan, oleh karena itu memproses serta memakan ikan tidaklah suatu permasalahan.

Benar-benar disayangkan bila ikan dengan kandungan protein tinggi serta menyebabkan kecerdasan ini dijauhi karena bau amisnya. Tidak cuma itu, kandungan selenium pada ikan juga berperan menjadi anti-oksidan untuk badan kita, rugi bukanlah bila tidak ingin makan ikan.

Terkecuali bau amis, repotnya makan ikan karena butuh memisahkan daging dari duri-duri juga pemicu lainnya orang malas konsumsi ikan. Nah olahan abon ikan akan pas buat anda karena abon ikan terbuat dari murni daging ikan.

Supaya tidak amis, ada sejumlah bahan yang dapat anda pakai untuk menhilangkan bau amis itu, contohnya ;

1. Memakai air jeruk serta garam dapur
Pastinya sebelum saat memakai dua type bahan ini, anda butuh membersihkan ikan dengan cermat hingga kotoran ikan baik di perut serta di bawah kepala betul-betul hilang, cuci ikan dengan air mengalir.

Bila telah bersih, lumuri ikan dengan garam imbuhkan air jeruk nipis/lemon. Takarannya, untuk 1 kg ikan laut diperlukan 3-4 sdm air jeruk serta untuk ikan air tawar 2 sdm ar jeruk. Diamkan sepanjang 20 menit, bersihkan hingga bersih sebelum saat di proses. Dapat dikerjakan sekian kali bila pada sistem pertama bau amis pada ikan masih tetap tercium.

Garam berperan supaya minyak ikan yang baunya amis serta melekat bisa keluar sedang air jeruk terkecuali menghilangkan bau amis juga turunkan kandungan asin yang dikandung ikan juga melindungi kesegaran ikan waktu dibuat.

2. Mentimun
Untuk ikan laut, pemakaian mentimun untuk menghilangkan bau amis semakin lebih efisien. Parut mentimun olesi ikan yang sudah dicuci bersih serta diamkan selema 20 menit. Bersihkan lagi sebelum saat ikan dibuat.

3. Sabun anti bakteri
Sama dengan semula, ikan butuh dicuci hingga bersih. Kemudian, bersihkan lagi memakai sabun anti bakteri. Fungsinya, sabun ini akan melindungi ikan tidak cepat busuk serta terlindung dari bakteri.

4. Daun serai serta asam jawa
Pemakaian dua bahan ini cukup gampang yakni remas daun serai serta asam jawa oleskan pada ikan serta didimkan sepanjang 20 menit.

5. Asam jawa
Sama seperti dengan pemakaian cuka, sesudah dicuci bersih, ikan terlebih dulu di rendam air asam jawa sepanjang 30 menit sebelum saat dibuat serta dicuci lagi.

6. Jahe serta bawang putih
Ikan yang telah bersih dapat di rebus sesaat dengan potongan jahe atau cukup lumuri ikan dengan irisan jahe serta bawang tunggulah sepanjang 15 menit.

7. Cuka
Sesudah dicuci, ikan cukup di rendam dengan air cuka sepanjang 30 menit sebelum saat di proses. Cairan cuka akan menghilangkan bau amis sepanjang masa tunggulah sebelum saat ikan di proses.

8. Tepung terigu
Walau lebih di kenal menjadi bahan paling utama untuk kue, ternya tepung terigu bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Langkahnya dengan melumuri ikan dengan tepung terigu serta dikerjakan sekian kali. Terdengar asing karena memanglah tidak sering dipakai karena dinilai boros serta mahal.

9. Gula pasir
Ini ialah langkah sangat simpel untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Diamkan ikan yang sudah ditaburi gula pasir sepanjang 30 menit bersihkan bersih.

Langkah Bikin Abon Ikan
Sebelum saat mengulas tata langkah bikin abon ikan gurih serta tidak amis, terlebih dulu ialah pilih ikan yang bagus untuk jadikan abon ikan. Ikan apapun yang anda tentukan buat anda buat jadi abon ialah ikan dengan umur kira-kira 8 bln. ke atas serta berat kurang dari 7 ons.

Baca Juga : Cara Membuat Abon Ikan Dengan Cara Modern

Beberapa bahan serta Bumbu-bumbu :
100 kg ikan
Ketumbar 0, 3 kg
Bawang Merah 2 kg
Bawang Putih 1, 6 kg
Garam 1, 5 kg
Jahe 0, 1 kg
Asam 0, 9 kg
Laos 0, 1 kg
Serai
Daun Salam
Gula 15 kg
Minyak Goreng
Santan Kelapa (opsional)

Beberapa langkah Bikin Abon Ikan
Membersihkan ikan terlebih dulu, buang isi perut serta bersihkan hingga bersih. Setelah itu potong melintang untuk mempermudah pengukusan.
Supaya daging ikan gampang dipisahkan dari tulangnya, ikan butuh dikukus.
Sesudah masak, pisahkan daging ikan dari tulangnya tumbuk/cabik-cabik hingga jadi serpihan halus.
Setelah itu mempersiapkan bumbu-bumbu, semuanya bumbu yang disediakan ditumbuk dicampurkan ke daging ikan hingga tercampur rata.
Sipakan wajan besar, bila memakai santan, jadi panasi santan hingga keluar minyaknya masukan ikan yang sudah dimbumbui yang tadi.
Pilihan ke-2, tuangkan minyak goreng ke wajan, goreng daging ikan hingga kering dengan selalu diaduk-aduk supaya tidak gosong. Yakinkan semuanya daging terendam minyak supaya didapat abon ikan yang kering serta renyah.
Sinyal ikan sudah masak ialah beralih warna jadi kuning kecoklatan.
Bila warna sudah tunjukkan abon sudah masak, angkat wajan serta masukan abon ke alat press untuk mendesak minyak keluar hingga habis.
Mengeluarkan abon dari alat press dengan garpu, imbuhkan bawang goreng bila ingin abon lebih harum.
Abon yang sudah dingin dapat dikemas ke kantong plastik, toples atau alat penyimpanan lainnya. Semakin lebih awet serta tahan lama bila dibungkus dengan pembungkus hampa hawa.

Sumber : https://www.kompasiaa.com/databisnisekonomi/588b2afc957a61f407d22b38/cara-membuat-abon-ikan-yang-gurih-dan-tidak-amis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Abon IKan Yang Luar Biasa"

Post a Comment