Cara Memanfaatkan Limbah Kulit Singkong Bernilai Tinggi



Singkong merupakan makannan pokok di indonesia selain beras.  seeluruh bagian tanaman singkong dapat di manfaatkan  Umbi singkong dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.
Daunnya dapat digunakan sebagai sayuran. Sedangkan batangnya dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau di tanam kembali.
dalam pengolahan umbi singkong, pasti massih menyisakan kulit singkong, jangan hanya di buang secara cuma-cuma, kareena singkong dalat d manfaatkan .
  berikut adalah beberapa manfaat dari kulit singkong:

1. Sebagai Bio Energi
sumber bioethanol yang bersumber dari bahan berserat seperti kulit singkong  bisa dipakai untuk bahan bakar menggantikan bahan bakar minyaak seperti solar dan bensin. pembuatan bioethanol sendiri melalui proses hidrolisa asam dan enzimatis.

2.Sebagai Pakan Ternak
Kulit singkong dapat diolah menjadi makanan sebagai makanan tambahan untuk ternak, bisa juga digunakan sebagai pengganti rumput lapangan. Kulit singkong dijadikan sebagai makanan alternatif ternak ini karena kandungan kulit singkong yang berupa asam sianida .
Kulit singkong mengandung sianida antara 150 sampai 360 mg HCN per kg, dan masih aman untuk di konsumsi, Namun besarnya kandungan itu bervariasi tergantung dari jenis singkong. Meski demikian, kulit singkong mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi yang dipercaya dapat menggemukan ternak.

Baca Juga : Cara Pengolahan Pakan Ternak Terbaru

3. Mengurangi Kadar Logam Berat
Kulit singkong juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar logam berat berbahaya dalam tubuh. Logam berat tersebut berupa timbal, tembaga dan cadmium. Logam-logam ini disebut berat karena konsentrasi kecilnya bisa bersifat beracun dan berbahaya. Logam berat ini dapat masuk kedalam tubuh melalui makanan, minuman dan pernafasan.
4. Sebagai Pupuk Organik
Kulit singkong juga bisa dimanfaatkan penggunaannya sebagai pupuk organik. pupuk dari kulit singkong ini berguna bagi kesuburan tanah,  nutrisi tanaman. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai pembasmi hama bagi karena kulit singkong ini memiliki kandungan  diantaranya yaitu O (28,74%), N (2,06%), S (0,11%), C (59,31%), H (9,78%), dan H2O (11,4%).


sekiaan beberapa manfaat kulit singkong .. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memanfaatkan Limbah Kulit Singkong Bernilai Tinggi"

Post a Comment