Cara Budidaya Kemiri Inovatif



Kemiri merupakan  salah satu bumbu rempah rempah yang sering digunakan dalam masakan khas indonesia. Selain sebagai bumbu, kemiri juga berpotensi di olah menjadi minyak nabati yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.
Kemiri juga merupakan salah satu komoditi pedagangan indonesia yang saat ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.  Bahkan beberapa produk olahan pabrik yang berbahan dasar kemiri saat ini sangat laku di pasaran. Melihat peluang tersebut, ini adalah waktu untuk mencoba berwirausaha dengan budidaya kemiri.
Berikut langkah-langkah budidaya kemiri termudah :

Baca Juga : Rahasia Khasiat Kemiri Yang Tersembunyi

https://xcaramembuat.blogspot.com/2018/07/rahasia-buah-kemiri-yang-tidak-terduga.html
1. Gali Informasi Tentang Tanaman Kemiri
    Hal ini sangat berguna untuk teman-teman yang hendak mencoba berbudidaya tanaman kemiri sebagai pengetahuan awal dan dasar pengenalan anda pada tanaman kemiri.
Misalnya adalah mengetahui habitat tanaman kemiri. Kemiri merupakan tanaman asli indonesia yang banyak tumbuh di ketinggian 0-1200 mdpl. Tanaman ini juga tumbuh baik pada tanah kapur, dan tanah berpasir di tepi pantai, beriklim kering dan basah dengan jumlah curah hujan 1500-2400 mm / tahun.
2. Penyiapan Bibit Unggul
    Langkah kedua adalah dengan Penyiapan bibit unggulan atau terbaik ini sangat penting untuk mengawali bercocok tanam kemiri agar menghasilkan tumbuhan kemiri yang terbaik pula. Bibit unggul dapat dilakukan dengan cara generatif, vegetatif, maupun sambungan.
3. Penyiapan lahan
    Lahan untuk penanaman kemiri harus mengikuti habitat alami kemiiri, dan harus bersih daru gulma, an tanaman yang tidak bermanfaat lainnya seperti rumput liar,dll.
Berikan jarak tanam 10 x 10 m buatlah pengajiran dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Campurkan pupuk kandang dengan tanah lapisan bawah pada lubang secara merata dengan perbandingan seimbang. Kemudian diamkan untuk mengurangi kadar keasaman tanah.
4. Penanaman
Tanam bibit kemiri dengan melepas plastik polibag dengan hati-hati agar akar tidak rusak. Tanam mengikuti pola lahan yang telah di sediakan.
5. pemberian pupuk
    Langkah kelima merupakan langkah yang sangat penting dalam penanaman kemiri. Pemupukan pada tanaman kemiri dilakukan untuk mendapatkan produksi biji kemiri yang banyak dan bagus.
Pemberian pupuk menggunakan pupuk organik atau anorganik. Pemberian pupuk juga harus sesuai dengan umur tanam pohon.
6. Pemangkasan
    Proses ini sangat diperlukan untuk memotong cabang atau ranting yang tak produktif, agar tanaman tidak terlalu tinggi dan percabangannya lebih banyak, mempermudah perawatan, mempercepat tanaman berbunga, dan mengurangi atau memotong cabang yang terserang hama agar tak sampai menyebar.

Baca Juga : Cara Mengupas Kemiri Dengan Mudah

Berikut cara berbudidaya kemiri. Selamat mencoba dan Semoga berhasil....



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Kemiri Inovatif"

Post a Comment