Resep Gulai Ikan Maknyuss Anti Amis

Resep Gulai Ikan


Resep Masakan Gulai barangkali tidak asing buat rekan teman. Ya, ada sejumlah macam resep gulai yang tidak sedikit dicari dan dimasak oleh orang Indoensia. Tetapi seringkali kita mggunakan bahan utama daging untuk menciptakan resep masakan pribumi Indonesia ini. Bagi kali ini saya akan menyuruh teman rekan untuk mencoba menciptakan resep masakan ikan yang memakai bumbu bumbu gulai. Hampir seluruh jenis ikan yang anda kenal dapat kita masak dengan bumbu gulai, laksana resep gulai ikan kakap, gulai ikan tongkol, ikan tuna, nila, patin atau jenis ikan yang lain. Bahkan kepala ikan pun dapat kita masak memakai resep gulai kepala ikan.



Resep Gulai Kepala Ikan Kakap adalahsalah satu resep masakan ikan yang paling terkenal di Indonesia. Walaupun sebetulnya resep ini berasal dari Propinsi Sumatera Barat, tetapi sebab rasanya yang paling enak dan lezat, resep ini tersebar di nyaris seluruh distrik Indonesia. Bahkan wilayah yang dapat dibilang agak jauh dari dusun nelayan atau lautpun tidak sedikit yang menyenangi resep masakan ikan dengan bumbu gulai ini.



Tetapi disebabkan bahan baku kepala ikannya yang agak susah untuk didapat, kali ini saya akan menyuruh teman rekan untuk memasak Resep Gulai Ikan nya saja. Dalam resep kali ini, bahan baku utamanya ialah ikan kakap yang merupakan kesayangan keluarga kami dan kebetulan lebih gampang dicari. Tetapi rekan teman dapat menggantinya pun dengan ikan kesayangan keluarga yang lain, laksana ikan tongkol, ikan tuna, ikan nila, ikan patin atau bahkan dapat menggunakan ikan mas atau ikan darat lainnya sebagai bahan utamanya.

Seperti variasi masakan dengan bumbu gulai lainnya, Resep Gulai Ikan Kakap kali ini pun menggunakan kuah kental yang berasal dari santan kelapa (butuh santan kental dan santan encer). Selain menyerahkan sensasi kelezatan yang tiada duanya, pemakaian santan pun memberikan sensasi rasa gurih yang alami. Bagi itu, pemilihan bahan santan yang dipakai harus benar benar diperhatikan. Tentu, saja pemilihan bahan baku ikan pun benar benar mesti diperhatikan. Gunakan ikan kakap yang benar benar berbobot | berbobot | berkualitas bagus dan masih segar (tidak berbau amis). Tentu saja, pemiihan bahan baku bumbu dan rempah rempah nya pun harus diperhatikan. Bagi lebih jelasnya, silahkan melihat teknik memasak Resep Gulai Ikan Kakap di bawah ya.

INFORMASI PILIHANMgid

Dokter asal Beijing ungkap teknik memulihkan persendian

Diskon besar! Replika Samsung Galaxy S9 banting harga!
Diskon

1/2 cawan ini masing-masing pagi bakal hilangkan lemak perut seketika
Resep Gulai Ikan Kakap
Resep Gulai Ikan Kakap Enak
Bahan dan Bumbu Resep Gulai Ikan Kakap Enak
Bahan utama yang dibutuhkan ialah satu ekor ikan kakap segar dengan ukuran tidak cukup lebih 1.3-1.5 kg. Bisa pun menggunakan ikan kakap putih atau merah.
Buah jeruk nipis ukuran besar sejumlah 1 buah. Potong ditengah menjadi sejumlah bagian supaya mudah dikeluarin airnya.
Bawang merah lokal ukuran sedang besar sejumlah 5-6 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan guna bumbu tumis.
Buah Cabai Merah ukuran sedang besar sejumlah 4-5 pcs. Iris tipis tipis dan haluskan guna bumbu tumis.
Bawang putih ukuran sedang besar sejumlah 3 siung. Kupas kulitnya dan haluskan pun untuk bumbu tumisan.
Kemiri tidak cukup lebih sejumlah 2 butir. Haluskan dengan bumbu tumisan yang lain.
Kunyit tidak cukup lebih sepanjang 1 ruas jari. Kupas kulitnya dan haluskan dengan bumbu tumisan yang lain.
Santan kental sebanyak tidak cukup lebih 250cc atau satu gelas. Gunakan santan dari perasan buah kelapa agar hasilnya lebih enak dan gurih.
Santan Encer tidak cukup lebih sejumlah satu gelas air (250cc).
Daun bawang yang bersih dan bagus sejumlah 1-2 batang. Cuci bersih dan iris iris besar guna taburan.
Buah belimbing sayur atau belimbing wuluh sejumlah 3 pcs. Cuci dan potong potong besar juga.
Air Asam Jawa tidak cukup lebih sejumlah 2 sendok besar atau sendok makan.
Buah tomat hijau ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 2-3 pcs. Cuci bersih dan potong besar besar juga.
Kaldu bubuk secukupnya agar lebih gurih.
Daun jeruk tidak cukup lebih sejumlah 3 pcs.
Jahe ukuran sedang besar sepanjang 1 ruas. Gepuk dan memarkan agar lebih mudah tercampur dengan bumbu lain.
Batang sereh ukuran sedang sejumlah 1 batang. Keprak batangnya atau memarkan juga.
Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang tidak cukup lebih 1 jari orang dewasa. Memarkan juga.
Garam dapur beryodium secukupnya.
Minyak goreng guna menggoreng ikan dan menumis secukupnya.
Cara Membuat Resep Gulai Ikan
Bersihkan ikan kakapnya dengan memakai air bersih mengalir. Jangan tak sempat buang seluruh jeroan ikannya hingga benar benar bersih agar hasil masakannya tidak bau.
Potong cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 5-6 bagian. Jangan tak sempat bagian kepala ikan pun digunakan, namun potong terlebih dahulu menjadi dua bagian.
Ambil jeruk nipis yang sudah dicukur dan peras airnya di atas ikan guna mengurai bau amisnya. Tambahkan garam dapur secukupnya dan diamkan meresap tidak cukup lebih sekitar 5-7 menit.
Sambil menunggu, rekan teman dapat menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit dan 2 butir kemirinya guna ditumis.
Siapkan wajan dan isi dengan minyak cukup tidak sedikit untuk menggoreng ikan kakapnya.
Masukkan ikan dan goreng dengan api sedang keci. Bolak balik agar tingkat kematangannya merata. Jangan terlampau lama, lumayan sampai separuh matang saja kemudian angkat dan tiriskan.
Kurangi minyak dan sisakan tidak banyak saja guna menumis. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bubu beda yang telah dihaluskan diatas. Bolak balik sebentar agar tidak gosong dan hingga bau harum keluar.
Masukkan daun jeruk, jahe, kaldu bubuk secukupnya, sereh dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk aduk pulang dengan bumbu tumisan sebelumnya sampai seluruh bahan layu.
Langkah berikutnya tuang santan cair ke dalam adonan bumbu bumbu diatas. Aduk aduk hingga santan encer tercampur dengan bahan yang lain.
Masukkan air asam jawa yang telah dipersiapkan dan garam secukupnya. Aduk aduk pulang sampai seluruh bahan tercampur rata dan mendidih. Ingat, terus diaduk tidak boleh sampai santan pecah.
Langkah berikutnya masukkan ikan kakap yang telah digoreng separuh matang sebelumnya. Aduk aduk sesekali hingga bumbu dan kuah meresap ke dalam daging ikannya dan air kuahnya berkurang.
Masukkan santan kental yang telah dipersiapkan. Aduk aduk kembali hingga santan mendidih.
Langkah terakhir masukkan belimbing, tomat hijau yang sudah dicukur potong dan daun bawangnya. Aduk kembali hingga kuah agak mengental dan gulai ikan kakap siap dihidangkan.


Ternyata teknik membuat gulai ikan kakap tidak sesulit yang anda bayangkan bukan. Di samping rasanya yang nikmat dan lezat, resep masakan ikan ini tidak sedikit berisi vitamin dan zat zat urgen lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh lho, laksana kalsium, protein, vitamin A, fosfor dan yang lainnya. Kalau rekan teman hendak membuat resep gulai ikan tongkol, ikan patin atau yang lainnya, bermukim mengubah bahan utamanya. Untuk gagasan memasak resep ikan lainnya, saya sarankan untuk menciptakan resep nugget ikan, Resep Gurame Asam Manis Pedas atau Resep Ikan Kakap Goreng Tepung.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Resep Gulai Ikan Maknyuss Anti Amis"

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    ReplyDelete
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  3. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete