Enak Sekali, Yuk Bikin Pepes Ikan

Resep Membuat Pepes Ikan


Cara menciptakan pepes ikan mas adalahsatu dari sekian teknik dalam mengubah ikan mas menjadi hidangan yang lezat dan sarat gizi. Saya kira sudah tidak sedikit orang yang tahu bahwa mengonsumsi ikan tersebut sangat baik untuk tubuh kita.

Membayangkan sebungkus pepes ikan saja sudah menciptakan liur saya menumpuk. Bagaimana tidak? Coba saja kamu bayangkan daging ikan yang lembut, dibalut dengan daun pisang bersamaan dengan sekian banyak  rempah dengan rasa tidak banyak pedas, gurih, dan pastinya super lezat.

Sejarah Pepes
cara menciptakan pepes ikan mas

Orang Indonesia memang paling kreatif bila sudah berkutat dengan teknik menciptakan makanan. Selalu saja hadir cara-cara yang tidak terpikirkan dalam menciptakan makanan. Kebanyakan dari cara-cara tersebut ialah kebiasaan turun temurun yang sudah dibuat dari generasi terdahulu.

Nah, bicara soal pepes. Cara menciptakan pepes ikan mas hanyalah satu dari sekian jenis pepes yang bisa dibuat. Pepes sendiri berasal dari tanah Pasundan (Sunda). Orang Sunda sendiri menyinggung jenis makanan ini dengan sebutan ‘pais’.

Berakar dari kelaziman orang Sunda yang gemar memanfaatkan hasil alam, mereka menciptakan pepes ini dengan sekian banyak  macam isi yang bisa mereka temukan di alam. Seperti ikan dari sungai, jamur yang tumbuh di hutan, sayuran dari ladang, sampai ampas minyak kelapa juga mereka dapat olah menjadi pepes.

Bumbu-bumbu yang dipakai di pepes juga mereka tanam di halaman sendiri laksana kunyit, serai, daun salam, sampai bungkus daun pisang.

Proses memasak pepes sendiri juga tidak dapat dibilang mudah. Pada awalnya, masa-masa yang diperlukan untuk memasak pepes ialah kurang lebih 8 jam. Waktu yang lumayan lama ini disebabkan pepes dimasak dengan teknik ditaruh di atas abu atau kayu panas sampai-sampai makanan ini matang secara perlahan. Proses memasak yang lama ini menciptakan pepes menjadi kering, bumbunya meresap, serta keharuman yang timbul dari wewangian bakaran daun dan kayu yang menjadi paling menggiurkan.

Sejak dulu dan ketika ini…
Tak terdapat yang tahu kapan tepatnya pepes telah mulai dikenal atau biasa dicicipi orang Sunda. Tapi bila melihat teknik membuat dan proses mematangkannya yang sederhana, dapat dipastikan usianya sudah paling tua.

Proses mematangkan pepes yang lama ini memungkinkan semua ibu yang bekerja di ladang atau sawah seraya memasak. Tinggalkan saja pepes di dalam abu hawu panas sedangkan mereka bekerja. Selesai bekerja, pepes pun telah matang.

Sampai ketika ini pepes Sunda yang pribumi masih bergantung pada kayu, walaupun tidak dimatangkan di dalam abu. Pepes kini dikukus dulu guna menghemat waktu. Tapi, pepes yang enak tetap mesti dikukus dengan bahan bakar kayu.

Nah, begitulah asal usul pepes. Mari anda lestarikan kebiasaan kuliner yang spektakuler ini dengan teknik memperkenalkan hidangan ini pada anak dan cucu. Makin tidak jarang kita menyuguhkannya di rumah, kian kenal mereka dengan hidangan warisan nenek moyang ini.

Cara Membuat Pepes Ikan Mas dengan Resep Lengkap
cara menciptakan pepes ikan mas

Kunci dari teknik membuat pepes ikan mas yang nikmat ialah bahan dasarnya yang segar. Jadi, tips utamanya ialah temukan ikan mas tersegar yang bisa kamu dapatkan. Kondisi ikan mas masih hidup ialah opsi terbaik dan teraman bagi kamu dan keluarga. Serta tidak boleh lupa siangi ikan untuk menghilangkan bau amis dan lumpur, juga pakai rempah-rempah yang kaya dan berlimpah.

Nah, sebagai berikut akan saya bagikan resep teknik membuat pepes ikan mas yang lezat. Silahkan disimak!



Pertama-tama ayo kita siapkan bahan yang akan anda gunakan.

Bahan utama:
Ikan Mas Segar 2 ekor (masing-masing selama 600 gram)
Garam Halus 2 sdm
Jeruk Nipis 2 butir (peras airnya)
Bumbu halus I:
Kunyit 3 ruas jari
Serai 3 batang (ambil unsur putihnya saja)
Jahe 3 ruas jari
Lengkuas 3 ruas jari
Bawang Merah 10 butir
Bawang Putih 8 siung
Cabe Merah Keriting 140 gram
Cabai Rawit Merah 5 buah
Ketumbar Bubuk 1 sdm
Kemiri 8 butir (disangrai)
Bumbu halus II:
Cabe Merah Besar 4 buah (pisahkan bijinya, dirajang melintang)
Cabe Rawit Merah 6 buah (dibelah dua)
Daun Jeruk 10 eksemplar (dirajang halus)
Daun Kucai 1 ikat, dapat juga diganti dengan Daun Bawang 2 batang
Belimbing Wuluh 5 buah
Tomat Merah 2 buah
Daun Salam 4 lembar
Bumbu halus III:
Kaldu Bubuk 1 sdt
Garam 1 sdm
Gula Merah Sisir 3 sdm
Bahan tambahan:
Segepok daun pisang untuk membalut 2 ikan
Daun Salam 10 eksemplar sebagai alas pepes
Kemangi 2 ikat
Tali/Lidi guna mengikat daun pisang
Cara Membuat Pepes Ikan Mas
I. MEMBERSIHKAN IKAN MAS


Siapkan ikan mas. Siangi ikan, buang isi perut, insang dan sisiknya. Menggunakan gunting dapur yang tajam, gunting unsur sirip ikan di punggung, dada dan bagian di sekitar ekor, potong ujung ekor sedikit.
Dengan melemparkan bagian ini jari kamu akan terhindar tertusuk unsur sirip yang tajam dan menciptakan ikan lebih nyaman dimakan kala sudah menjadi pepes.
Bersihkan unsur dalam ikan sampai tidak ada saldo darah yang melekat. Saya memakai sikat guna membersihkannya khususnya bagian berwarna merah yang melekat di tulang tengah ikan. Semua darah dan warna-warna merah ini mesti hilang sampai-sampai ikan bebas bau amis.
Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis, sampai seluruh sekujur badan ikan dan unsur dalam rongga badannya terlumuri.
Masukkan saldo potongan kulit jeruk yang sudah diperas airnya ke dalam rongga perut ikan dan unsur kepala.
Diamkan ikan sekitar 15 menit, cuci dan bilas ikan sampai bersih, siap digunakan.
Anda dapat merasakan sesudah ikan dilumuri garam dan air jeruk, kulit ikan menjadi kesat dan seluruh lendir hilang.

II. MEMBUAT BUMBU
Dengan memakai blender guna menggiling biji dan bumbu (dry mill), proses bumbu yang dihaluskan sampai lumat.
Untuk memudahkan proses potong-potong seluruh bumbu menjadi ukuran lebih kecil sampai-sampai blender dapat bekerja maksimal.
Pisahkan bumbu yang liat laksana jahe, serai, lengkuas dan kunyit dengan bumbu yang lebih empuk seperti bawang dan cabai.
Baru lantas bumbu diaduk menjadi satu.
Masukkan seluruh bumbu dalam wadah besar.
Tambahkan bahan II dan bahan III, aduk sampai rata.
Saya memakai tangan terbungkus sarung tangan sebab bumbu yang pedas. Cicipi rasanya, seimbangkan gula dan garam andai kurang asin.
III. MEMBUNGKUS PEPES
Siapkan daun pisang yang akan kamu gunakan, layukan daun dengan mengukusnya sebentar di dandang panas.
Gunting tidak banyak bagian pangkal daun yang melekat di pelepah, unsur ini seringkali lebih keras dan sulit untuk dilipat.
Jika ada saldo pelepah yang masih menempel dan berukuran panjang, selamatkan. Anda dapat menggunakannya guna mengikat pepes.
Bagi bumbu pepes yang kamu gunakan menjadi dua porsi.
Tata sejumlah tumpuk daun pisang melebar dan kira-kira pas untuk membalut ikan yang besar.
Tata 3 eksemplar daun salam, setumpuk daun kemangi dan segenggam bumbu pepes, ratakan di permukaan daun.
Letakkan ikan diatasnya. Bagi meyakinkan kematangan yang maksimal, kamu dapat sebelumnya mengukus ikan memakai steamer perangkat pengukus.
Masukkan beberapa bumbu dan daun kemangi ke dalam perut ikan.
Kemudian ambil lagi segenggam bumbu pepes, lumuri di unsur atas permukaan ikan sampai seluruh badan ikan tertutup bumbu.
Letakkan kemangi dan sejumlah lembar daun salam diatasnya, lantas tekuk daun pisang sampai menutupi ikan.
Lipat sampai rapat, ikat unsur tengah pepes dengan tali pelepah pisang atau tali benang lainnya.
Semat kedua ujungnya dengan lidi.
Pastikan bungkusan ikan rapat sampai-sampai tidak terdapat bumbu yang bocor ketika ikan dikukus atau di presto.


IV. MEMBUAT PEPES IKAN MAS DURI LUNAK


Jika kamu ingin menciptakan pepes ikan mas duri lunak, alasi dasar panci desakan tinggi (pressure cooker) terlebih dahulu dengan sejumlah lembar daun pisang.
Masukkan ikan ke dalam panci, tuangkan air sampai pepes terendam air. Masak dengan api besar sampai keluar suara desisan uap dari panci.
Kecilkan api dan masak sekitar 40 menit – 1 jam. Dijamin ikan akan lunak hingga ke tulangnya.
Note: Bungkusan ikan mesti terendam air dan saat desisan uap telah keluar, masak ikan dengan api yang kecil saja guna menjaga supaya air tidak berakhir dan ikan menjadi gosong sedangkan durinya belum lunak.
Angkat ikan dari kukusan atau keluarkan dari panci. Siapkan pan datar, olesi dengan 2 sendok santap minyak. Panggang pepes dengan api sedang sampai permukaan daun pisang menjadi terbakar, balikkan pepes dan panggang sisi sebelahnya lagi. Cara ini menciptakan pepes menjadi kesat dan tidak basah.


Khasiat dan Manfaat dari Cara Membuat Pepes Ikan Mas
cara menciptakan pepes ikan mas

Kita seluruh tahu bahwa mengkonsumsi ikan baik untuk tubuh kita. Bahkan kenyataan mengatakan bahwa ikan adalahsumber makanan super guna melawan efek penuaan (anti-aging superfood). Di samping kandungan proteinnya yang tinggi, ikan pun berisi lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan menolong meningkatkan kesehatan tubuh.

Ikan berisi asam lemak Omega-3 yang menolong menjaga kesehatan organ jantung dan membuatmood anda masih baik. Ikan sudah terbukti adalahmakanan penting untuk orang yang mempunyai usia yang panjang di sekian banyak  belahan dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enak Sekali, Yuk Bikin Pepes Ikan"

Post a Comment