Cara Membuat Kacang Telur Enak

cara membuat kacang telur renyah dan empuk

Cara Membuat Kacang Telur Enak

Pengen tahu cara membuat kacang telur enak? Kacang telur merupakan salah satu kue yang paling sering tersaji di meja ruang tamu saat hari lebaran. Sama seperti kacang bawang, bahan utama dari camilan ini adalah kacang tanah. Bedanya, kacang telur terbuat dari kacang yang diselimuti dengan tepung, serta ada tambahan telur yang membuatnya terasa renyah dan gurih. Menariknya, hampir semua rumah menyajikan camilan ini. Selain dapat dibeli langsung di pasaran, Anda juga bisa membuat kacang telur yang manis dan gurih sendiri.

Resep kacang telur sangatlah praktis. Saat mencampur telur dan bumbunya, Anda tidak harus menggunakan mixer. Cukup gunakan pengaduk manual atau bisa juga dengan peralatan seadanya. Jadi, bisa dibilang membuat kacang telur bukanlah pekerjaan yang sulit. Setelah matang, Anda juga masih bisa menyimpan camilan tersebut di dalam toples kedap udara untuk disajikan kemudian. Sangat tepat kiranya apabila Anda membuat kacang telur beberapa hari sebelum lebaran tiba.

Tertarik untuk membuat kacang berbalur tepung dan telur sendiri sebagai salah satu sajian khas di hari raya? Anda dapat mengikuti resep berikut ini:
Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
600 gram kacang tanah
500 gram tepung terigu
150 gram gula pasir halus
6 siung bawang putih
½ sendok makan garam
4 sendok makan margarin dapur
2 butir telur ayam

Setelah semua bahan yang diperlukan siap, berikut langkah-langkah pembuatan:

  • Kupas terlebih dahulu kacang tanah dari kulitnya. Caranya dengan merendam butiran kacang di dalam air mendidih, sehingga memudahkan kulitnya untuk mengelupas. Langkah ini opsional. Apabila Anda memiliki sedikit waktu, maka kacang tanah bisa tetap diolah meski masih ada kulitnya. Namun, pastikan bahan utama ini berkualitas dan telah dicuci bersih sebelum digunakan.
  • Lelehkan margarin dapur, kemudian sisihkan.
  • Haluskan bawang putih
  • Campurkan telur, bawang putih halus, margarin encer dan garam dalam satu wadah, kemudian kocok hingga tecampur rata.
  • Tuangkan 2 sendok makan adonan telur ke wadah yang berisi kacang tanah dan aduk hingga rata.
  • Gulingkan kacang tanah yang telah dibaluri adonan telur ke dalam wadah yang berisi tepung terigu. Gunakan saringan sambil diayak agar tepung merata
  • Lakukan hal yang sama selama 2-3 kali atau secukupnya untuk mendapatkan ketebalan lapisan tepung yang pas.
  • Panaskan minyak goreng di atas api sedang.
  • Setelah mendidih, goreng kacang hingga berwarna kecoklatan dan matang.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Kacang telur siap dihidangkan atau dapat disimpan terlebih dahulu di dalam toples.
  • Membuat kacang telur sendiri tidak hanya baik untuk berhemat. Tetapi saat hasilnya bagus, Anda juga akan merasa sangat puas, apalagi saat seluruh anggota keluarga bahkan para tamu yang datang bersilaturahim ke rumah terlihat sangat menikmati kreasi cemilan Anda.

Ada beberapa tips menarik saat Anda akan membuat kacang telur, yaitu:


  • Agar hasilnya benar-benar enak, gurih dan lezat, pilihlah bahan baku yang tepat. Pastikan Anda menggunakan kacang tanah yang berkualitas tanpa ada yang busuk atau kopong.
  • Beli kacang tanah kupasan langsung apabila Anda ingin menghemat waktu.
  • Gunakan minyak goreng berkualitas bagus, baru dan banyak supaya kacang nantinya benar-benar empuk dan matang hingga ke bagian dalamnya. Minyak yang baru juga menghindari kacang cepat gosong saat digoreng.
  • Hindari pula menggunakan wajan aluminum yang tipis karena butiran kacang akan cepat gosong saat digoreng.
  • Untuk mendapatkan hasil bulatan kacang yang padat dan halus, perhatikan saat memasukkan campuran kacang dan adonan telur ke dalam tepung. Sebaiknya hindari memasukkannya semuanya sekaligus. Ulangin dua hingga 3 kali sampai adonan habis. Apabila dimasukkan semuanya sekaligus, biasanya tepung akan menggumpal dan hasil gorengan menjadi tidak terlihat bagus.
  • Untuk mendapatkan kacang telur yang matang sempurna, Anda dapat terlebih dahulu melakukan proses penyangraian pada kacang tanah mentah sebelum dimasukkan tepung. Lakukan hal ini hingga kacang setengah matang, karena nanti akan dimatangkan lagi. Apabila disangrai terlalu matang, nantinya hasil kacang telur justru akan gosong dan berasa pahit.
  • Resep kacang telur sebenarnya mudah untuk dibuat, asalkan Anda mengikut langkah-langkah pada resep sederhana tersebut di atas dengan baik. Beberapa hal memang membutuhkan sedikit perhatian. Tetapi kalau Anda terbiasa membuat camilan ini, tentu Anda tidak akan mendapatkan kesulitan berarti. Bagi yang menginginkan kudapan alternatif, Anda juga perlu mencoba resep Kacang Telur Pedas Manis.
Demikianlah cara-cara dan tips membuat kacang telur enak dan gurih, selamat mencobanya dirumah yaa. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kacang Telur Enak"

Post a Comment