Cara Membuat Telur Asin Brebes Terenak



Telur asin yaitu masakan memiliki bahan basic telur yang diawetkan lewat cara diasinkan (diberi garam berlebihan untuk menonaktifkan enzim perombak). Umumnya telur yang diasinkan yaitu telur bebek, walau tak tutup peluang untuk telur-telur yang lainnya.
Di Indonesia, terpenting di pulau Jawa telur asin umumnya di produksi dash telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang mempunyai keunikan cangkang telur yang berwarna biru.

Telur asin itu enak serta pas di sajikan dengan beragam jenis sajian yang lain. Anda tak perlu bingung menghidangkan telur asin dengan apa. Terkecuali jadi pelengkap sajian, Anda dapat juga memakan telur asin jadi cemilan sehat. Terpenting apabila Anda tengah membuat perjalanan panjang. Jadi cukup hanya membawa telur asin, Anda tak perlu ribet membawa makanan yang lain, lantaran karakter telur asin yang awet serta tahan lama. Maka tak salah sekali lagi bila telur asin yaitu makanan yang praktis serta nyaman, lantaran dapat dikonsumsi kapanpun serta dimana saja.

Penjualan telur asin gampang didapat serta sudah banyak didapati di tiap-tiap kota. Terdapat beberapa juga daerah penghasil telur asin. Di Indonesia persisnya Brebes, Jawa Tengah yaitu penghasil telur asin yang paling baik. Telah mulai sejak 1/2 era waktu lalu, telur asin ciri khas Brebes itu di produksi. Sekarang ini bahkan juga industri telur asin di Brebes itu sudah meluas serta menyiapkan beragam jenis pilihan rasa serta kwalitas telur asin. Memanglah tambah lebih gampang apabila beli telur asin, namun tak ada kelirunya bila Anda coba bikin telur asin sendiri didalam rumah. Lantaran Anda dapat bikin sendiri rasa telur asin yang sesuai sama hasrat Anda.
Langkah bikin telur asin

Ada 2 langkah bikin telur asin. Anda bisa membuatnya dengan cara tradisional ataupun moderen. Yang terpenting yaitu Anda mesti pilih kwalitas telur yang bagus juga memprosesnya dengan benar.
1. Langkah bikin telur asin dengan batu bata (atau abu gosok)

Bahan :

1 bh ember
1 l air
500 g garam
12 butir telur bebek
4 buah batu bata (leburkan sampai betul-betul lembut).

Baca Juga : Cara Menggiling Batu Bata Dengan Mudah

Langkah bikin :
Rendam telur di air sepanjang 2 menit. Bila ada telur yang mengapung, buang saja, lantaran telur tak bagus.
Lalu bersihkan telur sampai bersih. Hati-hati waktu membersihkannya supaya kulit telur tak pecah atau retak.
Anda dapat pilih untuk mengamplasnya ataulah tidak. Langkah tersebut dikerjakan supaya garam bisa lebih gampang meresap lantaran pori-pori telur terbuka. Keringkan telur.
Campur remukan bata yang telah betul-betul halus dengan air. Aduk rata. Jangan pernah encer. Bentuk sampai seperti pasta.
Masukan garam. Aduk sekali lagi. Anda dapat mengaduknya memakai tangan atau spatula.
Lumuri telur dengan tanah hingga menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kurang lebih sampai ketebalan sampai 3 cm.
Masukan dalam ember satu per satu.
Taburi sekali lagi telur yang telah diberi tanah dengan batu bata sekali lagi seperlunya.
Diamkan sepanjang 14 hari.
Sesudah sistem usai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan pernah air mendidih supaya tak mengakibatkan kerusakan telur. Rebus sepanjang 1 jam.
Juga bisa lewat cara dikukus dengan waktu yang sama.
Telur asin siap di sajikan.
Langkah bikin telur asin memakai batu bata dapat Anda ubah dengan memakai abu gosok. Cuma butuh ganti batu bata dengan abu gosok. Langkah bikin nya sama juga.

Bila Anda ingin rasa yang lainnya, Anda cukup ganti langkah akhir, bukanlah dengan dikukus, tetapi dipanggang atau memakai langkah bikin telur asin asap yakni lewat cara mengasapi telur sampai masak mengunakan alat serderhana atau dengan Mesin Pengasap Telur dan Ikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin Brebes Terenak "

Post a Comment