Bingung Cara Budidaya Gurame Agar Sukses? Yuk Simak Tips dan Trik Berikut

Tips dan Trik Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula


Bisnis ini memang mempunyai prospek yang paling bagus. Karena permintaan yang paling tinggi, buatan masih tidak cukup dan harga yang paling stabil ketiga urusan ini menjadi dasar yang dapat menciptakan bisnis ini menjadi pantas dan bisa jadi perhatian.

Di samping dari ketiga urusan itu, harga ikan gurame terbilang lebih mahal dikomparasikan dengan ikan air tawar lainnya yang membuatnya relatif lebih menguntungkan.



Disamping potensi di atas, hal pendukung budidaya gurame pun sangat memadai. Ketersedian lahan yang masih luas, data dan informasi tentang kiat budidaya yang gampang didapat, pakan yang terdapat sepanjang waktu, serta embrio ikan gurame yang didapat oleh pemerintah melewati Balai Benih Induk (BBI).



Lokasi Budidaya

didiksuprawito.blogspot.com
Ikan gurame memang bisa hidup diberbagai tempat. Tapi, tetap saja situasi lahan atau tempat sangat dominan terhadap tumbuh kembangnya. Ada sejumlah faktor yang penentu kualitas lahan antara lain situasi tanah, suhu air, keasaman air, oksigen dan tingkat kesuburan air.



Syarat pemilihan lokasi supaya gurame bisa hidup dengan baik:

Ketinggian air 20-500 m dpl
pH ideal 6,5 hingga 7 dengan kesadahan 7 HD
Suhu 25-28 C
Jenis tanah berstektur liat yang gembur dengan kandungan pasirnya 40%
Oksigen yang memadai
Air yang kaya mineral dan zat-zat hara
Persiapan Sebelum Membudidaya

kaskus.co.id
Sebelum mengerjakan budidaya ikan gurame, ada sejumlah hal yang mesti anda perhatikan dan persiapkan. Paling utama tentunya ialah pembuatan kolam. Kondisi empang sangat menilai sukses atau tidaknya usaha budidaya ikan gurame. Ada sejumlah jenis empang yang mesti anda persiapkan guna budidaya gurame.

Kolam Budidaya Ikan Gurame



Kolam perawatan induk, empang ini bermanfaat untuk mempersiapkan kematangan telur dan merawat kesehatan induk. Kolam ini berupa empang tanah yang mempunyai luas 10 m2 dengan kedalaman paling tidak 50 cm dan kepadatan empang mengandung 20 ekor ikan gurame betina dan 10 ekor jantang.
Kolam pemijahan, empang pemijahan pun merupakan empang tanah dengan luas 200-300 m2. Pada empang ini, guna satu ekor ikan gurame dewasa membutuhkan luas 2-10 meter persegi dan suhu air ideal 24-28 C dengan kedalaman air 75-100 cm.
Kolam peredaran atau pemeliharaan benih, luas logam ini tidak lebih dari 50 hingga 100 m2 dengan kedalaman 30-50 cm. Kolam dengan kepadatan tersebut melulu mampu menampung 5-50 ekor ikan gurame.
Kolam pembesaran, empang ini bermanfaat sebagai tempat merawat dan membesarkan embrio setelah dari empang peredaran. Kepadatan empang usahakan tidak lebih dari 10 ekor per meter persegi.
Kolam pemberokan, empang ini tercipta dari tanah atau semen dengan air yang mengalir sebagai lokasi pembersihan ikan sebelum dipasarkan. Tujuannya ialah supaya ikan tidak berisi kotoran dan tidak terdapat bau lumpur.
Kamu pun harus mempersiapkan sarana penunjang. Berbagai sarana penunjang yang mesti disediakan sebelum membudidaya gurame ialah substrat lokasi bertelur, aerator, perangkat pengangkutan, perangkat penangkapan dan keperluan lainnya.

Pembenihan Ikan Gurame

budidayajualbeliikanbetutu.wordpress.com
Dalam pembibitan ikan meliputi pekerjaan pemeliharaan induk, pemijahan, penetasan telur dan perawatan larva sampai mempunyai ukuran 4 cm. Larva yang berumur 12-30 hari ini selanjutnya dapat anda rawat sampai beratnya 10-15 gram per ekor (umur 4 bulan). Benih yang telah sebesar ini sudah siap guna didederkan.

Pendederan Ikan Gurame

farrayroom.blogspot.com
Kegiatan pendederan ini dilaksanakan dengan pemeliharaan embrio yang berukuran 10-15 gram per ekor sampai ukuran 150 gram per ekor. Bobot gurame sebesar ini seringkali ketika embrio sudah menjangkau umur enam bulan dari penetasan telur.

Ada pendederan yang dibuka dari ukuran yang lebih besar, yaitu 15-30 gram per ekor, tetapi ada pun yang mengerjakan pendederan embrio dari larva.

Pembesaran Ikan Gurame

www.suryamina.com
Pembesaran ikan adalahlanjutan dari pendederan. Benih dari pendederan akan diagungkan hingga menjangkau ukuran konsumsi dengan berat rata-rata 500 gram per ekor.

Tapi, penentuan ukuran pada ketika panen ikan gurame pun harus dicocokkan dengan permintaan semua konsumen. Karena ada sejumlah konsumen yang meminta gurame memiliki ukuran di atas 1 kg per ekor.

Panen

budidayanews.blogspot.com
Setelah ikan menjangkau berat guna dikonsumsi, saatnya pemanenan dilakukan. Pemanenan ikan gurame usahakan dilaksanakan di pagi hari antara pukul 05.00 – 08.00 supaya ikan tetap segar dan tidak stres.

Pemanenan dilaksanakan dengan teknik membuang seluruh air yang terdapat di kolam. Pintu pemasukan air diblokir dan pintu pengeluaran air dibuka. Air di dalam empang dapat dilemparkan sampai batas tertentu dan ikan gurame bakal berkumpul di sekitar pintu pembuangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Cara Budidaya Gurame Agar Sukses? Yuk Simak Tips dan Trik Berikut"

Post a Comment