Banyak Sekali Berbagai Budidaya Ikan Air Tawar, Yuk Baca Selengkapnya

Berbagai Jenis Ikan Air Tawar Yang Dibudidayakan Di Indonesia


Di Indonesia tidak sedikit ada ikan yang bisa dikonsumsi, baik yang bersumber dari air tawar maupun air laut. Ikan-ikan ini mempunyai nilai hemat yang tinggi bila dicoba dan budidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan tersebut, yang lebih gampang untuk dibudidayakan ialah jenis-jenis ikan air tawar, sebab tidak tergantung dari lokasi dan distrik yang terbatas laksana ikan laut. Jenis ikan air tawar menurut keterangan dari kegunaannya digolongkan menjadi dua, yaitu kelompok ikan hias dan kelompok ikan konsumsi. Dari kedua kelompok ikan itu terdapat sejumlah jenis ikan yang bisa digolongkan ke dalam kelompok ikan hias sekaligus ikan konsumsi. Jenis ikan air tawar ini bisa dikonsumsi sekaligus dapat pun dijadikan ikan hias sebab keelokan badannya contohnya ikan sepat dan ikan mas. 

Golongan ikan hias memiliki tidak sedikit jenisnya dengan ukuran badan dan warna badan beranekaragam. Jenis-jenis ikan hias lazimnya tidak guna dikonsumsi, namun untuk dipelihara sebagai dekorasi pelengkap keindahan di taman atau di ruanga tamu. Golongan ikan konsumsi memiliki tidak sedikit jenis dengan ukuran badan dan warna badan yang beragam. Jenis-jenis ikan yang termasuk ikan konsumsi paling sesuai guna bahan pangan. Jenis ikan konsumsi mempunyai tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga sesuai sebagai bahan makanan. Jenis ikan konsumsi andai dibudidayakan dengan baik dapat menyerahkan hasil yang tinggi (ton per satuan luas) sampai-sampai dapat menyerahkan keuntungan yang tinggi.

Jenis ikan air tawar yang bisa dikonsumsi tidak semua menyebabkan keuntungan yang sama besar sebab masing-masing jenis memiliki ciri khas dan kelebihan yang berbeda-beda, baik dari sisi ukuran tubuhnya, ketebalan dagingnya, percepatan pertumbuhannya, dan kelezatan dagingnya. Oleh sebab itu, pengenalan jenis-jenis ikan air tawa yang berpotensi guna dibudidayakan paling penting untuk para petani ikan yang berorientasi agribisnis.

Berbagai macam jenis ikan air tawar yang sudah dientaskan dari perairan umum ke empang budidaya tidak sedikit sekali laksana nama ikan-ikan beserta Nama latinnya berikuti ini:
1. Ikan Nila (Tilapa nilotica L)
2. Ikan Nilem (Otiochilus haseeltii)
3. Ikan Mas/Tomboro (Cyprinus carpio L)
4. Ikan Tawes (Puntius

javanicus)
5. Ikan Sepat Siem (Trichogastio pectoralis R)
6. Ikan Gurami (Osphyronemus gouramy)
7. Ikan Gabus (Ophiocephalus Stariatus)
8. Ikan Betok (Anabas testudineus Bloch)
9. Ikan Biawan (Helostoma temminchii c.v)
10.Ikan Patin (Pangasius Pangasius)
11.Ikan Toman (Ophiocephalus micropeltes)
12.Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni BLkr)
13.Ikan Mujair (Tilapia mossabica)
14.Ikan Betutu (Oxyeleatris masmorata BLkr)
15.Ikan Lele (Clarias batrachus)
16.Ikan Belut (Apodes)
17.Ikan Sidat (Anguilla sp)
18.Ikan Hampal/palung (Hampala macrolepidota)
19.Ikan Jendil/Wakkal (Pangasius micronema BLkr)
20.Ikan Sengkaring (Labeobarbus siamensis)
21.Ikan Bader Bang (Puntius bromoides) 
22.Ikan Kutuk (Channa satriata)
23.Ikan Saren (Anabas testdineus)
24.Ikan Sili (Macrognathus aculeatus)
25.Ikan Baung (Macrones sp)
26.Ikan Tageh (Macrones helitius)
27.Ikan Mengkreng (Pegasius nasutus)
28.Ikan Lampan (Puntius schwanefeldi)
29.Ikan Tambakan (Helostoma sp)
30.Ikan Bogo (Ohiocephalis gachua)
Dari sekian tidak sedikit ikan air tawar tersebut, jenis ikan gurami, ikan nila, dan ikan mas ialah jenis ikan air tawar yang mempunyai potensi besar guna dikembangkan. Nilai jual yang tinggi permintaan serta keperluan ikan ini yang terus menerus ada bisa menjadi pertimbangan bakal pentingnya budidaya ikan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Sekali Berbagai Budidaya Ikan Air Tawar, Yuk Baca Selengkapnya"

Post a Comment