Cara membuat Sambel Pecel Pedas KHAS JAWA TIMUR


Indonesia kaya kuliner nikmat warisan leluhur. Salah satunya yang harus kita ucap di dalamnya merupakan pecel. Makanan yang satu ini (sama seperti dengan lotek serta gado-gado) memakai bahan basic sayuran yang di rebus serta disantap dengan memakai kombinasi bumbu spesifik. Pecel ini dapat disebutkan “sepupu” dekat dari salad. Pecel konon lahir di Pulau Jawa. Uniknya, semasing tempat mempunyai hidangan pecel dengan signatur yang berlainan, baik itu perasaan ataupun langkah penyajian. Anda penggila pecel? Apakah sebetulnya yang membuat ia demikian disukai? Mungkin saja jawaban paling banyak merupakan sambal. Iya, sumber perasaan yang berarti di pecel memang merupakan sambal kacang. Bila sambalnya kurang cocok, karena itu pecel juga tidak akan merasa cocok. Tersebut kami sediakan langkah membuat sambal pecel untuk Anda. Mudah-mudahan dapat menamabah pengetahuan Anda dalam mengolah pecel yang nikmat.


Sediakan Beberapa bahan!

Bila Anda mengkhendaki kepraktisan, Anda mungkin beli sambal pecel yang di jual bebas di market. Cuma saja untuk perasaan yang nikmat serta higeinitas yang terjamin, mengolah sambal pecel sendiri rasa-rasanya hal yang pas. Mengenai beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bikin sambal ini diantaranya :
Bawang putih sekitar 4 siung.
Daun jeruk sekitar 6 lembar.
Kacang tanah sekitar 250 gr.
Kencur sekitar 5 cm.
Cabe rawit pedat sekitar 4 biji.
Terasi bakar/goreng sekitar 1 sendok teh.
Air asam jawa sekitar 1 sendok teh.
Cabe merah besar sekitar 4 biji.
Gula jawa atau gula merah serut sekitar 50 gram

Mari Mengolah Sambal Pecel

Sesudah semua beberapa bahan sudah siap sedia, waktunya mengawali proses pembuatan. Mengenai langkah membuat sambal pecel nikmat ini, langkah untuk langkah, seperti berikut :
Pertama, goreng kacang tanah serta sesudah dingin, pisahkan kacang dari selaput atau kulit ari nya.
Dalam wajan yang sama, goreng juga cabe merah dan cabe rawit.
Lalu sediakan ulekan. Awalilah haluskan kencur/kunir dengan bawang putih, cabe merah serta cabe rawit juga terasi. Masukan ke dalamnya gula jawa, daun jeruk, air asam dan garam. Kembali gerus.
Selanjutnya di ulekan yang lain, haluskan kacang tanah yang sudah digoreng barusan sampai halus prima. Kemudian, dalam 1 wadah, campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan barusan. Imbuhkan dikit air supaya mengental.
Sambal pecel siap digabung dengan sayur yang sudah di rebus.

Langkah membuat sambal pecel ini cukuplah gampang serta praktis bukan. Bila Anda senang yang pedas, janganlah sangsi memberikan jumlahnya cabe pada resep diatas. Pada intinya sambal pecel ini serupa dengan sambal kacang biasa dan sambal untuk sate. Cuma saja, ada banyak penambahan bahan yang lalu membuat perasaan kedua-duanya tidak sama persis. Akan tetapi pada dasarnya, resep ini dapat Anda modifikasi serta cocokkan dengan hasrat keluarga. Selamat melakukan eksperimen di dapur ya!

Sumber : http://caramembuatsambal.blogspot.com/2013/07/cara-mudah-membuat-sambal-pecel.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat Sambel Pecel Pedas KHAS JAWA TIMUR"

Post a Comment