Cara Membuat Nata De Coco ALL ABOUT NATA DE COCO


Nata de coco memang jadi panganan yang cukuplah popular di indonesia, terpenting saat bulan Ramadhan. Banyak yang membuatnya menjadi menu pembuka saat buka puasa karena rasa-rasanya yang beri kesegaran. Nata de coco dapat juga digabung dengan bermacam minuman yang lain, seperti sirup, es campur, sampai minuman mudah bersoda.

Selintas Informasi mengenai Nata De Coco

Tahukah Anda dari manakah panganan Nata De Coco berasal? Makanan memiliki tekstur kenyal ini nyatanya datang dari Negara Filipina. Akan tetapi, asal-usul penamaannya datang dari bhs Spanyol. Ya, hal tersebut benar-benar sangat sangat mungkin mengingat Negara Filipina adalah sisa jajahan Negara Sepanyol.

Jika disimpulkan dengan harfiah “Nata De Coco” berati cream kelapa atau sari kelapa dalam Bhs Spanyol. Lalu, apakah yang dimaksud dengan Nata De Coco itu? Nata De Coco adalah salah satunya makanan hasil fermentasi air kelapa yang memiliki tekstur kenyal serta berwarna putih atau bahkan juga condong bening.

Proses fermentasinya itu memakai bakteri yang bernama Acetobacter xylinum. Di Indonesia sendiri bakteri itu lebih popular dengan sebutan bibit nata de coco. Gabungan pada air kelapa serta bakteri itu akan membuahkan jelly berwarna putih serta transparan yang dikatakan sebagai nata.


Nata de coco telah di pasarkan di beberapa daerah serta telah jadi salah produk yang menghiasi market makanan di Nusantara. Sekarang, Anda telah bisa dengan ringan untuk temukan beberapa toko atau warung-warung yang jual nata de coco itu dengan harga yang murah dan meriah.

Alat serta Bahan Pembuatan Nata De Coco air kelapa

Sebelum membahas langkah membuat Nata De Coco sendiri, persiapkanlah beberapa alat yang akan dibutuhkan dalam proses membuatnya. Beberapa alat itu merupakan panci atau langseng (yakinkan semua itu terbuat dari stainless), kompor, baki dari plastik, dan saringan super halus.

Diluar itu siapkan juga rack untuk menaruh baki plastik, alat pengaduk atau sinduk, timbangan duduk, mug ukur serta gelas ukur, koran untuk penutup, dan karet pengikat.

Sesudah beberapa alat itu tersebut, Anda akan memerlukan beberapa bahan membuatnya seperti air kelapa murni menjadi bahan basic serta bibit nata de coco atau sari kelapa. Janganlah ketinggal juga beberapa bahan pembuatan yang lain seperti gula pasir atau gula putih, Za atau Urea, dan cuka biang.

Langkah membuat nata de coco sendiri

Pertama kali, iris kelapa serta ambillah airnya lalu saring agar air yang dipakai merupakan air kelapa dipilih yang telah bersih dari kotoran. Masukanlah air kelapa itu ke dandang atau panci serta masak dengan tungku atau kompor sampai sampai titik didih 100 derajat celcius.

Kalaupun Anda telah terasa meyakini jika air kelapa itu telah mendidih, jadi tambahkanlah beberapa bahan yang lain seperti gula pasir 250 gr, za 1/2 gr, dan cuka biang sekitar 50 cc. Setelah itu, masukanlah kombinasi barusan ke baki plastik yang memiliki ukuran kurang lebih 1, 2 liter.

Janganlah lupa untuk mengecek jika baki itu betul-betul steril. Anda bisa memakai koran yang sudah dijemur terlebih dulu untuk tutup baki plastik itu. Yakinkan dalam Koran itu steril dari bakteri agar pembuatan nata de coco bisa berjalan dengan baik.

Kenapa baki plastik dalam pembuatan nata de coco mesti terbangun kesehatannya? Karena kalaupun tidak, jadi hasil produksi dari nato de coco itu akan tidak sama dengan apakah yang kita harap. tahap selanjutnya, aturlah baki-baki yang sudah ditutup koran itu dengan rapi, lalu tiriskan s/d betul-betul dingin serta berilah bibit nata de coco yang sudah disiapkan barusan.

Proses pembibitan nata de coco semestinya dikerjakan pada pagi hari pada jam 5. 30 – 6. 30 supaya pembibitan itu bisa berjalan dengan optimal. Yakinkan supaya baki hasil pembibitan itu tidak digoyang-goyang atau terganggu dengan kegiatan yang lain.

Hasil pembibitan bisa disaksikan di hari ke-3. Lalu, saat 1 minggu baki pembibitan dilewatkan serta hasil panennya telah dapat Anda kenali di hari ke-7 sesudah pembuatan. Jadi, di hari itu Anda telah bisa lihat akhirnya dengan jelas.

Sesudah jadi, Anda bisa memotong-motong nata de coco itu jadi bentuk dadu4 maupun bentuk yang lain yang Anda kehendaki. Anda bisa nikmati nata de coco itu dengan kombinasi sirup maupun minuman yang lain. Imbuhkan juga es supaya rasa-rasanya makin fresh.


Kandungan serta Manfaat
Nata De Coco memiliki kandungan beberapa kandungan yang bisa jadi jalan keluar untuk pemenuhan gizi harian dan bisa mengawasi kesehatan badan. Kandungan dari Nata De Coco itu terbagi dalam karbohidrat, lemak, kalori, fosfor, kalsium, zat besi vitamin bersama senyawa kimia alami yang lain.

Itu beberapa langkah langkah membuat nata de coco sendiri yang bisa dicoba didalam rumah. Walau mungkin saja memerlukan waktu yang banyak, akan tetapi akan ada kenikmatan sendiri saat menikmatinya dibanding dengan beli secara langsung dari warung. Selamat coba!

Sumber : https://bacaterus.com/cara-membuat-nata-de-coco-sendiri/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Nata De Coco ALL ABOUT NATA DE COCO"

Post a Comment